Home Parlemen & Politik Polres Banyuasin Kerahkan 544 Personil Amankan TPS

Polres Banyuasin Kerahkan 544 Personil Amankan TPS

0

PANGKALAN BALAI.PE -Pelaksanaan Pemilu 17 April nanti, Polres Banyuasin bakal mengerahkan sebanyak 544 personel. Ratusan personel polisi tersebut akan disebar di 2.483 TPS yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Kami sudah membuat surat perintah tugas dan seluruh personil sangat siap sebelum diterjunkan ke TPS-TPS di wilayah masing-masing. Saya harap semuanya bekerja secara maksimal untuk menjaga dan mengamankan seluruh tahapan,” kata Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi SM Pinem Sik usai pimpin apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS pada Pileg /Pilpres Tahun 2019 di halaman Mapolres Banyuasin, kemarin.

Yudhi sapaan Kapolres Banyuasin juga menyampaikan bahwa untuk mewujudkan kondusifitas di TPS, pihaknya akan senantiasa melakukan koordinasi dan bersinergi dengan seluruh elemen yang ada.

“Pesta demokrasi ini adalah tanggung jawab kita bersama, mari kita sukseskan, hindari perselisihan demi Banyuasin yang lebih sejuk dan damai,” harap dia.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pihaknya akan tampil all out dalam mengamankan dan mengawal baik objek, orang maupun logistik mulai dari awal hingga berakhirnya pemilu tahun ini.

“Kami akan kerja extra, keamanan sudah merupakan tugas tanggung jawab kami, dengan dukungan dan doa seluruh masyarakat, pemilu di Banyuasin akan berlangsung dengan aman, damai dan kondusif,” harap dia.

Adapun personil yang dilibatkan pada pengamanan pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Banyuasin sebanyak 544 dan personil BKO Polda Sumsel sebanyak 84 personil.

“Beberapa kerawanan yang perlu mendapat perhatian kita antara lain adalah terjadinya konflik antar pendukung parpol peserta pemilu, sabotase distribusi logistik pemilu, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa yang berpotesi mengarah anarkis dan lain sebagainya,” ujar dia.

Yudhi juga memerintahkan kepada seluruh personil untuk mempertajam deteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan Kamtibmas dan lakukan tindakan tegas kepada setiap pelaku dan kelompok manapun yang melanggar hukum karena pengamanan ini pada dasarnya bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas.

Terpisah, Bupati Banyuasin H Askolani SH MH optimis pelaksanaan pilpres dan pileg pada 17 April 2019 nanti, akan berlangsung sukses dan aman. “Insya Allah pelaksanaan Pilpres dan pileg di Banyuasin, berjalan aman dan lancar,”kata dia, kemarin.

Apalagi keamanan dan ketertiban pelaksanaan pilpres dan pileg yang akan berlangsung pada 17 April nanti, akan di jaga oleh anggota Polri/TNI. “Pastinya juga kita akan bantu, melalui anggota Satpol PP Pemadam dan Penyelamatan ini,” ujar dia.

Pastinya instansi terkait menurut Askolani harus saling sinergi satu sama lain, karena kesukseskan pelaksanaan pilpres/pileg ini merupakan tanggungjawab bersama.

Masih kata Askolani, nantinya sekitar 15 anggota Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Banyuasin, akan ditempatkan di setiap kecamatan.

“Ada total anggota Satpol yaitu 375 personil,” imbuh dia.

Ditambah lagi dua linmas yang berjaga – jaga di setiap TPS yang tersebar di 304 desa/kelurahan di 21 kecamatan di Banyuasin. Lebih lanjut, ia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar dapat menjaga tali persaudaraaan dan mempererat rasa persatuan serta kesatuan sebagai warga Negara Indonesia.

“Jangan kita rusak persaudaraan, karena pemilu. Karena Pemilu ini sifatnya sesaat,” katanya. BUD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here