Home Pendidikan Ponpes Alkhoir Palembani Terima Siswa Baru

Ponpes Alkhoir Palembani Terima Siswa Baru

0
Misbahatuzzolam, S.Ag, Wakil Mudir Ponpes modern Alkhoir Palembani (kanan) berpose bersama stafnya.

PALEMBANG.PE- Memasukkan anak ke pondok pesantren menjadi salah satu cara untuk membentengi generasi muda bangsa dari dampak buruk kemajuan teknologi informasi. Pondok pesantren modern Alkhoir Palembani dapat jadi alternatif para orangtua untuk menjadi wahana menggembleng putra-putrinya guna menjadi generasi qurani.

“Ponpes ini terdiri dari Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Kita akan menjalankan kegiatan belajar mengajar perdana pada tahun ajaran baru 2020-2021 di Juli mendatang,” kata Misbahatuzzolam, S.Ag, Wakil Mudir Ponpes modern Alkhoir Palembani, Jumat (3/1).

Dikatakan dia, saat ini pihaknya masih dalam tahap penerimaan santriwan dan santriwati baru untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Tahap pertama Desember 2019-Februari 2020. Tahap kedua pada Maret 2020-April 2020. Dan tahap III Mei 2020 sampai Juni 2020.

“Alhamdulillah untuk saat ini sudah terdaftar enam santri. Mulai dari yang pindahan ataupun yang daftar baru. Santri ada yang dari Lampung, Lubuklinggau, Prabumulih. Insha Allah akan bertambah lagi,” ucapnya.

Status sekolah Terdaftar untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Jumlah guru saat ini sebanyak tujuh orang. “Tapi nanti akan bertambah lagi. Di bulan ini dan Februari nanti kita buka lowongan penerimaan guru,” tukasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, santri akan diasramakan, dengan fasilitas tiap kamar diisi empat santri. Fasilitasnya ada listrik, kasur busa, lemari, kamar mandi, PDAM, dan kipas angin.

Kemudian fasilitas di sekolah, santri belajar dalam ruangan ber AC, tenaga pengajar yang profesional dan berkompeten di bidangnya, ruang laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium fisika, lab kimia, perpustakaan. Kemudian sarana olahraga outdoor dan indoor, masjid, asrama putra dan putri, kantin dan dapur umum, aula, serta unit kesehatan siswa.

“Guru-guru kita dari UIN Raden Fatah. Ada juga dari SMA negeri. Semuanya sarjana dan mereka punya kompetensi, seperti di bidang tahfidz,” ucapnya.

Bahasa pengantar di ponpes ini, ia melanjutkan, bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Pelajaran yang diajarkan umum dan agama. Untuk pelajaran umum sesuai dengan kurikulum K13. Sedangkan pelajaran agama meliputi tahfiz quran, tajwid, tilawah, nahwu shorof, dan muhadatsah (percakapan berbahasa Arab dan Inggris).

“Kita punya banyak kegiatan ekstrakulikuler, seperti klub futsal, pencak silat, taekwondo, bulu tangkis, tenis meja, dan sebentar lagi memanah. Lalu kepramukaan, safari dakwah, nasyid, hadroh, puisi, dan drama,” terangnya.

Ia menekankan bahwa santri yang lulus Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah bisa meneruskan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

“Kita bernaung di bawah Kementerian Agama. Ijazah MTs bisa lanjut ke SMA/MA, dan yang MA ke perguruan tinggi. Kita ada dua ijazah. Ijazah negeri dan pondok,” tukasnya.

Total biaya masuk ke MTs, mukim Rp 11.875.000 non mukim Rp 10.400.000. Sedangkan MA, mukim Rp 12.925.000 dan non mukim Rp 11.400.000. Biaya sudah termasuk SPP bulan Juli, seragam, dan buku. SPP bulanan sudah termasuk biaya laundri, asrama, dan konsumsi santri.

Adapun biaya masuk untuk santri pindahan untuk MTS, mukim Rp 7.950.000 dan non mukim Rp 7.250.000. Lalu MA, mukim Rp 8.750.000 dan non mukim Rp 8.000.000.

“Mereka yang mendaftar di bulan Desember 2019 sampai Februari 2020 dapat potongan Rp 1.500.000,” pungkasnya.

Pondok pesantren modern Alkhoir Palembani berada di Jalan Soekarno Hatta Lingkar Barat No.234 Palembang. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here