Home Warta Kodam Prajurit Simulasikan Bertindak Jika Aktivitas Gunung Merapi Dempo Meningkat

Prajurit Simulasikan Bertindak Jika Aktivitas Gunung Merapi Dempo Meningkat

0

LAHAT, PE – Aktivitas dari Gunung Merapi Dempo semakin meningkat, nah, jajaran Kodim 0405 Lahat serta Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat, Empat Lawang dan Pagaralam diminta siaga dan mewaspadainya.

Ternyata ini sekedar simulasi latihan gladi posko 1, menanggulangi terjadinya gunung meletus. Termasuk dampak secara langsung terhadap masyarakat, pertanian, perkebunan dan kesehatan serta sosial, maupun kamtibmas dari tindakan kriminal.

Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi SH Msi menyampaikan, kondisi dan situasi sekarang dengan aktifnya gunung dempo semakin meningkat.

“Harus diantisipasi bersama dan apa tindakan harus dilaksanakan meminimalisir bencana alam gunung meletus, termasuk dampak kepada rakyat dan korban diminimal mungkin,” ungkapnya, Rabu (22/5).

Ia menambahkan, menyiapkan pasukan reaksi cepat dibackup Kodim 0405, Yonif 141, maupun personil lainnya apabila sewaktu gunung meletus.

“Wilayahnya di Pagaralam, Jarai (Lahat), Muara Pinang (Empat Lawang), menyiapkan secara dini personil dan instansi dan BPBD, Tagana dan Damkar, Dinsos dan Dinkes,” ucap Sungudi.

Siap untuk evakuasi, masih kata Sungudi, pertolongan terhadap korban, tempat-tempat korban dirawat dan pengobatan.

“Akibatnya luas terhadap penduduk, korban jiwa dan harta, petani kena secara langsung gagal panen kondisi sosial,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Drs H Masroni mengemukakan, tentunya pihak pemerintah baik di Lahat, Pagaralam serta Empat Lawang, akan siap membantu baik material dan non material.

“Tentunya mesti diantisipasi sejak dini, supaya tidak banyak makan korban, peran penting dari koordinasi semua stakeholder, dalam mengantisipasi gunung meletus,” bebernya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here