Home Uncategorized Program Minapadi untuk Tambahan Petani Padi

Program Minapadi untuk Tambahan Petani Padi

0

MARTAPURA, PE-Kabupaten OKU Timur resmi mengembangkan budidaya ikan sistem Minapadi. Ini dibuktikan telah dilakukan tebar budidaya ikan bersama tanaman padi sawah (Minapadi) oleh Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi, di Desa Kumpul Rejo Kecamatan Buay Madang Timur, belum lama ini.

Bupati mengatakan, pelaksanaan budidaya ikan bersama padi itu merupakan bagian dari upaya pemerintahan dalam menggairahkan perekonomian daerah. Para petani yang sudah eksis dalam usaha budidaya padi di sawah, kini mereka difasilitasi untuk membudidayakan ikan di sela-sela tanaman padi.

“Dengan demikian para petani diharapkan tidak hanya panen padi, tetapi juga panen ikan. Sehingga keuntungan petani akan menjadi berlipat lipat,”kata Bupati.

Dikatakan Bupati, program Minapadi di Kabupaten ini merupakan buah kerjasama antara Pemkab dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Untuk menjamin pelaksanaan transfer teknologi dengan membantu bibit, pakan, pagar dan biaya pembuatan caren.

“Sementara Pemkab bertindak sebagai pembimbing, sekaligus pengawas pelaksanaan transfer teknologi Minapadi kepada masyarakat,”jelasnya

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten OKU Timur, Tubagus Sunarseno mengatakan, bahwa pada tahun 2019 kabupaten mendapatkan bantuan dari Dirjen perikanan KKP RI berupa benih ikan.

“Benih ikan tersebut sudah kita sebar di lahan seluas 20,1 hektar ,”jelasnya.

Harapannya, lanjut dia, bantuan sarana dan prasarana perikanan tersebut dapat dijadikan sebagai stimulan serta motivasi kelompok pembudidaya ikan dalam upaya meningkatkan produksi dan prosuktivitas usaha perikanan, sehingga dapat meningkat kan pendapatan untuk keluarga. JAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here