Home Pendidikan Puluhan Siswa SD Ikuti Kompetisi OSN Tingkat Kabupaten

Puluhan Siswa SD Ikuti Kompetisi OSN Tingkat Kabupaten

0
Puluhan siswa SD saat berkompetisi dalam seleksi OSN Tingkat Kabupaten, Selasa (12/3).

MURATARA, PE- Sebanyak 42 Siswa Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), bertarung Ikuti kompetisi Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Muratara tahun 2019, Selasa (12/3).

Bertempat di SD Negeri 1 Muara Rupit, dalam kegiatan seleksi OSN yang diselengarakan langsung Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara itu, terlihat puluhan siswa antusias ikuti ujian seleksi dua mata pelajaran (Mapel) Ilmu Pengetahauan Alam (IPA) dan Mapel Matematikan (MTK) yang dilombakan.

Diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, Ratnawati M,Pd, seleksi OSN seleain kompetisi antar siswa juga merupakan usaha dalam mewujudkan generasi yang kompetitif, berkarakter dan berkualitas dalam adaptif terhadap perubahan.

Menurutnya, seleksi OSN bukan hanya mencari pemenang atau kalah, tapi lebih kearah pemahaman dan penguasaan ilmu baik Mapel IPA dan Matematika yang nantinya bisa dijadikan acuan dalam semangat belajar siswa untuk lebih baik lagi dalam belajar..

“Untuk seleksi OSN tingkat Kabupaten ini, nantinya akan diambil tiga pemenang dari setiap mata pelajaran yang diujikan. Nantinya mereka akan mewakili Kabupaten Muratara, dalam seleksi OSN di tingkat Propinsi Sumatera selatan, ” ujarnya.

Ditambahkan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, Abdul Kadir S,Pd, kegiatan ini dilaksanakan untuk mencari yang terbaik guna menjadi wakil Kabupaten Muratara dalam lomba serupa di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 28 Maret 2019 mendatang.

“Kegiatan ini merupakan ajang pengembangan karakter siswa dalam belajar untuk lebih baik lagi, karena dalam sistem belajarpun ada sebuah kompetisi untuk menjadi yang terbaik, mulai dari kompetisi disekolah sendiri, Kecamatan, Kabupaten hingga ke tingkat Provinsi” jelasnya.

Dengan ajang seperti ini, kata dia, para siswa punya kemampuan untuk bersaing, minimal menjadi contoh bagi yang lain, bahwa mereka sudah mampu sampai ketingkat kabupaten. “Dengan harapan jika tahun kemarin anak-anak kita bisa meraih peringkat 6 besar untuk mapel Matematika, semoga pada tahun ini bisa meraih Juara 1 untuk tingkat Nasional,” harapnya. SON

Para pemenang Seleksi OSN Tingkat Muratara:

Mapel Matematika:

1.M.Okta Nofriyansah SDN Bumi Makmur Kec.Nibung
2.Dwi Maharani Malkis SDN Rantau Jaya Kec.Karang Jaya.
3.Teuku Tizky SDN 2 Surulangun Kec.Rawas Ulu.

Mapel IPA

1.Perca Suliska SDN Lubuk Kumbung Kec.Karang Jaya.
2.Raisah Nabila SD swasta Riam Indah Kec.Rawas Ilir
3.Hannas Aidil Pratama SDN Lubuk Kemang Kec.Rawas Ulu.

Para siswa/siswi ini menjadi Duta Muratara untuk berlomba ke OSN Tingkat Provinsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here