Home Pendidikan Ragam Lomba Meriahkan HUT RI Ke-74 Digelar Disdik Muratara

Ragam Lomba Meriahkan HUT RI Ke-74 Digelar Disdik Muratara

0
Kepala Disdik Muratara Drs H Sukamto M. Pd saat melepas peserta PBB HUT RI Ke-74, Kamis (8/8).

MURATARA, PE- Pelaksanaan berbagai lomba untuk memeriahkan HUT RI Ke-74 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) di SMP Negeri 2 Muara Rupit yang didiikuti seluruh pelajar se Kabupaten Muratara, berlangsung meriah dan sukses.

Hal tersebut terbukti dengan antusiasnya semua pelajar dalam mengikuti berbagai perlombaan yang digelar, seperti lomba Pasukan Baris-berbaris (PBB) tingkat PAUD hingga SMA sederajat, Lomba Mewarnai tingkat PAUD/TK sederajat, lomba melukis tingkat SD dan SMP sederajat, dan lomba tarik tambang tingkat SMA dan Dewan Guru.

Ketua Panitia Lomba HUT RI Ke-74, Suprapto S. Pd usai kegiatan lomba mengatakan, kesuksesan pelaksanaan kegiatan lomba memeriahkan HUT RI Ke-74 itu tidak lepas dari semua bimbingan dan arahan Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara. Sehingga, acara itu dapat berlangsung dengan meriah tanpa halangan suatu apapun.

Kedepan, lanjut dia, kegiatan seperti ini kiranya dapat terus ada dan menjadi agenda rutin dalam mememeriahkan HUT RI. Sekaligus sebagai menjadi ajang perlombaan antar sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler. Sehingga kedepannya sekolah-sekolah akan terpacu dalam mengembangkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, di sekolah masing-masing.

“Dalam perlombaan PBB HUT RI Ke-74 ini sebagai dewan juri Disdik melibatkan Pol PP dan aparat Kepolisian, dengan kriteria penilaian kekompakan, jumlah siswa, variasi dan keserasian. Karena kegiatan ini sifatnya perlombaan, bagi siswa yang belum berhasil meraih juara kiranya jangan berkecil hati dan teruslah berlajar untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Disdik Muratara, Drs H Sukamto M, Pd mengungkapkan, peserta lomba tingkat Kabupaten ini berasal dari perwakilan tingkat Kecamatan yang diwakilkan secara bergiliran untuk pemerataan. Sehingga bisa mengikuti di tingkat Kabupaten dalam memeriahkan peringatan HUT RI, dengan tujuan untuk bersemangat, gembira dalam peringatan kemerdekaaan dengan membudayakan kedisiplinan.

Khusus perlombaan PBB yang masuk dalam ekstrakurikuler Kepramukaan, sesuai kurikulum 13 setiap sekolah wajib adakan kegiatan estrakurikuler Pramuka disekolah masing-masing. “Dalam perlombaan ini, kepada kepala sekola dapat menjadikan sebagai tolok ukur dalam kesuksesan sekolah yang mereka pimpin,” jelasnya.

Karena berhasil atau tidaknya peserta didik dalam perlombaan, dapat dijadikan koreksi bagi kepala sekolah. Sebab peserta didik itu berkaitan erat dengan pembinanya, dan pembina dengan kepala sekolahnya. Artinya, semua berkaitan, jadi kepala sekolah yang tentunya memiliki hak untuk mencarikan pembina yang berkompeten.

“Karena ini adalah perlombaan, jangan berburuk sangka terhadap juara lomba. Sebab penilaian sesuai kriterianya dengan azas seadil-adilnya. Jangan berkecil hati, terus semangat untuk berbuat lebih baik sesuai visi misi Kabupaten Muratara Bangkit,” tambahnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here