Home Uncategorized Rakor Dewan Ketahanan Pangan Banyuasin Wujudkan Rakyat Sejahtera

Rakor Dewan Ketahanan Pangan Banyuasin Wujudkan Rakyat Sejahtera

0

Rakor Dewan Ketahanan Pangan Banyuasin Wujudkan Rakyat Sejahtera

BANYUASIN.PE – Pemkab Banyuasin bertekad akan mewujudkan kesejahteraan rakyat di Banyuasin. Salah satunya dengan memperkuat ketahanan pangan sehingga terjaminnya keberlangsungan hidup masyarakat Kabupaten Banyuasin.

Oleh sebab itu, Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan di Hotel Wyndham, Kelurahan Jakabaring Selatan, Kecamatan Rambutan, Banyuasin, Kamis (5/12).

Hadir dalam Rakor tersebut yaitu Bupati Banyuasin H Askolani SH MH diwakili PJ Sekda Banyuasin Dr. HM. Senen Har, S.IP, M. Si, Kepala Balai Besar POM di Palembang Dra Hardaningsih Apt MHSM, Manager HSE PT Perta Samtan Gas Martin, Asisten I Setda Banyuasin Kosarudin, Prof.Dr.Ir. Andy Mulyana, M.Sc Dekan Pertanian Unsri, Sekretaris Dinas (Sekdin) Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Ir Ruzuan Efendi MM serta perwakilan OPD terkait lainnya.

Sebelumnya juga dilaksanakan PT Perta Samtan Gas MOU Program CSR Ketahanan Pangan dengan Pemkab Banyuasin, serta MOU dengan BPOM Palembang terkait Masalah Keamanan Pangan.

“Kegiatan ini bertujuan merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Banyuasin,”kata Bupati Banyuasin H Askolani SH MH diwakili PJ Sekda Banyuasin Dr. HM. Senen Har, S.IP, M. Si, kemarin.

Kemudian merumuskan arah program dan kegiatan yang mendorong semua anggota Dewan Ketahanan Pangan untuk ikut serta dan berperan aktif dalam mewujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Banyuasin.”Harus berperan serta, “jelasnya didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin, Ir. Hj. Anna Suzanna, M.Si.

Selanjutnya mensinergikan kegiatan-kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pemerintah kecamatan dan desa serta PKK.”Guna pencapaian Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin,”terangnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan output yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu strategis, kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin.

“Pastinya kesepahaman bersama antar OPD dan pihak terkait mengenai konsep, target pencapaian dan strategi pencapaian perwujudan Ketahanan Pangan di Kabupaten Banyuasin,”ungkapnya.

Berbagai program dan kebijakan itu yaitu program antisipasi kerawanan pangan di Banyuasin, program serasi (selamatkan rawa sejahterakan petani) yang dapat meningkatkan produktivitas padi.

Tidak kalah pentingnya, ciptakan lumbung pangan dari tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan dan terakhir mendorong diversifikasi pangan di tingkat rumah tangga masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan budidaya tanaman sayuran, buah-buahan dan ternak.

Diakuinya tantangan di bidang Ketahanan Pangan pada saat ini adalah isu kemiskinan, untuk Data tahun 2018 jumlah penduduk miskin sebesar 95.290 jiwa (11,32 %).”Mengalami penurunan dari 14,47% tahun 2017,”terangnya.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banyuasin terus mengalmi peningkatan selama kurun waktu 2010-2018, rata-rata selama kurun waktu tersebut ideks IPM mencapai 63,72 dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,76.

Kasus gizi buruk, peristiwa kerawanan pangan selalu mendapat perhatian, khususnya dibidang ketahanan pangan melalui penanganan daerah rawan pangan melalui koordinasi OPD terkait.BUD

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here