Home Palembang RSMH Isolasi Seorang Pasien Terduga Corona Sepulang Umroh

RSMH Isolasi Seorang Pasien Terduga Corona Sepulang Umroh

0
Tim medis RSMH Palembang saat membawa M dengan perangkat khusus, menuju ruang isolasi.

PALEMBANG, PE – Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang kembali mengisolasi salah seorang pasien yang diduga terjangkit virus corona. Pasien berinisial M (64), warga Gunung Ibul Kota Prabumulih, terpaksa diisolasi sepulang dari menjalankan ibadah umroh.

Menurut Humas RSMH Palembang, Akhmad Suhaimi, sekitar pukul 14.10 WIB, pihaknya mendapatkan rujukan pasien dari KKP Bandara SMB II ke RSMH Palembang. Setibanya di RSMH Palembang, pihaknya langsung mengisolasi pasien tersebut.

“Saat ini kami beritahukan bahwa pasien sudah dirawat di Ruang Isolasi RSMH. Dan masih menjalani pemeriksaan oleh Tim PIE (Penyakit Infeksi Emerging),” terang Suhaimi kepada awak media di RSMH Palembang, Selasa (3/3).

Ditambahkan Suhaimi, untuk perkembangan informasi selanjutnya, pihaknya menunggu hasil laboratorium dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kemenkes RI.

Berdasarkan informasi yang beredar di kalangan awak media, pasien tersebut merupakan jemaah umroh dengan menggunakan pesawat Lion Air (JT 89) landing pukul 10.20 WIB dari Jeddah. Pasien tersebut terindikasi Virus Corona dengan Diagnosa Suspect-Mers- Covid 19
Sementara press rilis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, pada pukul 10.32, Selasa (3/3), pesawat JT 89 dengan rute Jeddah-Palembang mendarat di SMB II Palembang, dengan 434 penumpang dan 15 kru. Pada saat keberangkatan, dinyatakan penumpang tidak ada yang sakit.

Tetapi saat kedatangan di Bandara SMB II, pada pemeriksaan thermal scanner didapati penumpang dengan suhu 39 derajat celcius atas nama M, usia 64 tahun, dengan gejala batuk dan sesak nafas. Penumpang ini berasal dari Gunung Ibul, Kota Prabumulih.

Dengan riwayat perjalanan dan gejala tersebut, yang bersangkutan dirujuk oleh KKP ke RSMH Palembang, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Hasil diagnosis menunggu konfirmasi laboratorium

Baca Juga  19 Warga Lahat Berstatus ODP Covid-19

Kemudian sudah dilakukan pemberian Health Allert Card kepada seluruh penumpang dan telah dilakukan tindakan penyehatan terhadap pesawat. Bagi penumpang yang dalam beberapa hari hingga 14 hari ke depan mengalami gejala suhu tubuh di atas 38°C, demam, batuk, dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan dengan membawa kartu kewaspadaan. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here