Home Pendidikan Sekolah Dilarang Tahan Ijazah Siswa dengan Alasan Apapun

Sekolah Dilarang Tahan Ijazah Siswa dengan Alasan Apapun

0
Pembagian blangko ijazah oleh Disdik Muratara kepada sekolah-sekoah di Kabupaten Muratara.

MURATARA, PE- Jelang pembagian ijazah siswa peserta dididik tahun ajaran 2018-2019 dengan batas akhir Augustus 2019, SD dan SMP di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dilarang melakukan penahan ijazah siswa. Meskipun, siswa memiliki sejumlah kewajiban yang belum diselasaikan.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Kepala Disdik Kabupaten Muratara Drs H Sukamto M, Pd melalui Kabid Dikdas Abdul Kadir S, Pd kepada Palembang Ekspres, usai memberikan sosialisasi dan pembagian blangko ijazah di SMP Negri 1 Muara Rupit kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Muratara, Kamis (11/7).

Menurut Abdul Kadir, setelah blangko ijazah itu nantinya diisi valid data siswanya setelah dikoreksi oleh tim koreksi ijazah dari sekolah masing-masing, ijazah harus segara dibagikan dengan batas waktu paling lambat akhir Augustus 2019 semua sudah selesai. Dengan catatan, pihak sekolah tidak boleh melakukan penahan ijazah apapun alasannya.

Dia menekankan, jangan sampai ada biaya foto copy dan sebagainya, karena menjadi hak siswa ijazah itu mereka terima. Sebab juknisnya sudah jelas, tidak ada kaitan antara siswa penerima ijazah dengan permasalahan biaya-biaya apapun, setelah ijazah valid harus diserahkan.

“Tidak boleh ada biaya embel-embel. Jadi bila ada sekolah atau komite yang berani coba-coba, silahkan saja nanti berusan dengan saya. Kenapa ini saya tegaskan, supaya seluruh kepala sekolah yang sudah dijelaskan mengerti dan mentaati aturan-aturan yang sudah ada,” tegasnya.

Terkait permasalahan sangkutan-sangkutan siswa di sekolah, lanjutnya, silahkan pihak sekolah selesaikan dengan cara-cara yang baik tanpa harus menyulitkan siswa dengan cara penahan ijazah. “Artinya sudah jelas kalau memang ada silahkan laporkan, nanti segera kita tindak lanjuti,” tutupnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here