Home Pendidikan Sekolah Wajib Daftar Akun LTMPT

Sekolah Wajib Daftar Akun LTMPT

0

Sistem Penerimaan Maba PTN 2020

PALEMBANG, PE – Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020 sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Sebelum mengikuti proses penerimaan tersebut, sekolah wajib mendaftarkan akun ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Setiap sekolah harus registrasi akun LTMPT melalui http://portal.ltmpt.ac.id, setelah itu baru bisa mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa),” terang Koordinator Humas SNMPTN, SBMPTN Unsri, Prof Zulkifli Dahlan dalam keterangan pers di Unsri Bukit, Jumat (6/12).

Dia menjelaskan, pendaftaran akun merupakan aturan baru yang diterapkan LTMPT. Bukan itu saja, tahun ini pemeringkatan siswa yang akan mengikuti SNMPTN dilakukan oleh sekolah. “Jika ada nilai yang sama, sekolah boleh menambahkan kriteria seperti prestasi tertentu untuk menaikkan peringat siswa yang dimaksud,” terang dia.

Prof Zulkifli menjelaskan, besaran usulan sekolah untuk mengikuti SNMPTN tergantung dari akreditasi yang dimiliki sekolah. Sekolah sekolah terakreditasi A bisa mengusulkan 40 persen siswa, akreditasi B 25 persen, akreditasi C sebesar 5 persen. “Sekolah yang memiliki akreditasi yang kedaluwarsa akan diturunkan satu tingkat,” sebutnya.

Sementara, presentasi jalur penerimaan mahasiswa baru tidak berbeda tahun sebelumnya seperti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri (SNMPTN) sebesar 20 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 40 persen dan jalur mandiri ada 30 persen. “Sisa 10 persen itu bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan SNMPTN dan SBMPTN,” ujarnya.

Dia menambahkan, proses penerimaan mahasiswa baru tetap menggunakan LTMPT. Lembaga ini merupakan pelaksana tes secara yang kredibel, proporsional efisien dan efektif. Pelaksanaan tes bisa dipilih oleh siswa bersangkutan dengan waktu selama tujuh hari selama 14 sesi.

“Jadwal registrasi akun dimulai 7 Februari hingga 5 April, pendaftaran UTBK 30 Maret-11 April, pelaksanaan UTBK 20-26 April dan Pengumuman 12 Mei,” sebutnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here