Home Palembang SIGERTAK PLUS jadi Acuan Program Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran

SIGERTAK PLUS jadi Acuan Program Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran

0

PALEMBANG, PE – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus fokus menanggulangi kemiskinan yang ada di Sumsel dengan target kemiskinan satu digit.

Salah satunya melalui inovasi SIGERTAK PLUS (Sistem Informasi Gerakan Terpadu Serentak) yang merupakan perencanaan program penanggulangan berbasis web yang sudah terintegrasi antara Provinsi dengan Kabupaten/kota. Inovasi ini merupakan tindak lanjut dari Pergub Nomor 35 tahun 2018 tentang Sisten Informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan dan
Pergub Nomor 36 tahun 2018 tentang Penanggulangan Kemiskinan Melalui Gertak Sejuta Mandiri.

Inovasi ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang tujuannya untuk membantu seluruh stakeholder terkait penanggulangan kemiskinan dalam melakukan input/output data menganalisa intervensi kemiskinan dengan mudah dan dilakukan dimana saja secara efektif dan efisien.

Selain itu juga untuk meningkatkan sinergi perencanaan dan penganggaran program kemiskinan antar sektor dan daerah dan meningkatkan kontrol terhadap proses penanggulangan kemiskinan di daerah terutama targeting sasaran penerima manfaat. Sehingga penyelesaian masalah kemiskinan lebih tepat sasaran.

“Keunggulan inovasi + (plus) ini telah terintegrasi pada level provinsi dengan kabupaten/kota. Sasaran target program/kegiatan tidak hanya menampilkan jumlah secara agregat, namun sudah pada level by name by adress bahkan by picture,” ungkap Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel, Ekowati Retnoningsih saat Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2019, di Hotel Santika Premiere, Rabu(24/4).

Diterangkannya, untuk alur proses SIGERTAK PLUS ini, berdasarkan data Basis Data Terpadu (BDT) by name by adress dan program/kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh OPD provinsi dan Kab/kota. Kemudian data tersebut diolah dan diverifikasi oleh Bappeda.

“Jika disetujui artinya program kegiatan kemiskinan yang dilaksanakan tepat sasaran dan lokasi namun jika tidak disetujui artinya program/kegiatan kemiskinan tidak tepat sasaran dan lokasi,” urainya.BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here