Home Pendidikan Siswa Filial Bakal Pindah Ke SD Terdekat

Siswa Filial Bakal Pindah Ke SD Terdekat

0

PALEMBANG, PE – Dinas Pendidikan Kota Palembang berencana memindahkan siswa filial atau program siswa anak jalanan dan anak putus sekolah, ke sekolah yang dekat tempat tinggal mereka.
Kebijakan ini diambil mengingat SD Negeri 238 Palembang yang jadi tempat siswa filial menimba ilmu, lokasinya terlalu jauh. Terlebih siswa-siswa ini masih jenjang SD.

“Terhitung sejak 1 Oktober 2019, mereka mulai aktif belajar di SDN 238 Palembang. Rencananya mereka akan kita pindahkan ke sekolah terdekat,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto, Kamis (10/10).
Disinggung siswa sekolah filial ada yang kadang masuk sekolah dan kadang tidak, ia mengaku bisa memakluminya.
“Jadi filial ini memang sering naik turun grafiknya. Hari ini masuk, besok tidak masuk. Memang kondisinya begitu. Maka kami akan biasakan supaya mereka sadar diri dan mau rajin sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, siswa filial yang merupakan anak jalanan dan putus sekolah dalam waktu dekat akan dibagikan seragam. Selain itu, pihaknya belum banyak mengeluarkan aturan yang bisa membebani peserta didik. “Sekarang masih pendataan. Tapi tadi pagi saya lihat sudah berjalan lancar di tingkat SD dan SMP. Namanya anak-anak ini kan ada yang mau sekolah, ada yang malas. Tapi kami terus mencoba dalam seminggu dan dua minggu ini, supaya mereka mengenali lingkungan,” ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, sekolah filial khusus untuk anak putus sekolah dan anak jalanan ini merupakan inovasi lanjutan. Hal ini juga merupakan salah satu bagian dari visi Palembang Emas Darussalam untuk menciptakan kesejahteraan bagi semua masyarakat Kota Palembang.

“Melalui anggaran yang ada, serta inovasi dan dukungan dari semua pihak, maka kami luncurkan sekolah filial ini dalam cakupan yang lebih luas,” kata Harnojoyo, usai melaunching sekolah Anjal di halaman gedung sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jalan Srijaya No896, Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Program yang belum sampai satu bulan digarap ini telah mendapat respon positif dari warga Palembang. Sebanyak hampir 400 anak jalanan dan putus sekolah yang diterima saat ini yang akan sekolah di Gedung SKB, Jalan Srijaya yang menjadi tempat belajar.

“Sekali lagi, ini menjadi komitmen kami. Sehingga kedepan kami berharap akan lebih banyak lagi memberi manfaat bagi warga Palembang, oleh karena itu saya berharap kepada masyarakat mari bersama-sama kita mencerdaskan anak bangsa dengan mengentaskan anak yang putus sekolah,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here