Home Headline News Sumsel Catat Kasus Pertama Corona

Sumsel Catat Kasus Pertama Corona

0

PALEMBANG, PE – Provinsi Sumatera Selatan mencatat kasus Corona pertama. Ini setelah satu dari enam sampel spesimen pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona (Covid-19) yang dikirimkan ke Litbakes Kemenkes RI, dinyatakan positif terpapar virus mematikan tersebut.

“Dari informasi yang kita terima dari enam sampel spesimen yang kita kirim, satu di antaranya ada yang positif Virus Corona,” kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Selasa (24/3).

Namun, ia belum bisa merinci apakah sampel yang dinyatakan positif Virus Corona tersebut milik salah satu dari dua pasien dalam pengawasan (PDP), yang meninggal dunia pada Senin (23/3) atau bukan.

“Sangat memungkinkan satu di antara dua PDP yang meninggal kemarin itu positif (corona). Kita juga masih menunggu rincinya,” katanya.

Selain itu, kata Herman Deru, saat ini masih ada lima PDP lain yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang. Kelima sampel pasien itu pun sudah diambil dan dikirimkan ke Litbangkes Jakarta. “Jadi saya tegaskan secara resmi baru satu yang dinyatakan positif terpapar virus corona,” katanya.

Menyikapi hal itu, Herman Deru secara resmi meningkatkan status terkait Virus Corona di Sumsel dari Waspada menjadi Siaga. Hal itu sebagai upaya memaksimalkan langkah-langkah penanganan dan pencegahan wabah tersebut, oleh Satgas di Sumsel.

Seperti diketahui, dua PDP yang meninggal pada Senin (23/3), yakni pasien laki-laki berusia 53 tahun warga Palembang beserta tenaga medis pria asal Prabumulih berusia 54 tahun.

Pasien dari Prabumulih diketahui merupakan tenaga medis yang baru saja mengunjungi Batam, meninggal pada pukul 06.15 WIB. Sementara pasien laki-laki warga Palembang meninggal pada pukul 05.45 WIB, diketahui memiliki riwayat pejalanan dari Jakarta.

Sebelumnya Gubernur mengatakan bahwa pemerintah daerah telah mengeluarkan dana cadangan Rp100 Milyar untuk menghadapi Virus Corona. Ini menyusul munculnya Keputusan Presiden Nomor 9 tahun 2020 dan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2020 tentang cadangan keuangan.

“Kita lakukan rekofusing dan realokasi serta pencadangan Rp100 Milyar untuk antisipasi Covid-19,” jelas dia.

Baca Juga  Putus Rantai Virus Corona Melalui Sinergi

Kemudian, terang Herman Deru, untuk rapid test yang paling ditunggu-tunggu, prioritas awal untuk dilakukan tes adalah manula, keluarga pasien PDP, dan petugas medis yang terlibat dalam proses pemeriksaan pasien Covid-19.

“Rapid tes ini masif bukan massal, bahwa kita lakukan pemeriksaan secara random bagi yang berpotensi,” terang dia.

Tambahan 107 Kasus
Pemerintah mengumumkan terjadi penambahan pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, yakni sebanyak 107 pasien. Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto menjelaskan, artinya total pasien positif Covid-19 di Indonesia per Selasa (24/3/2020) mencapai 686 orang.

“Hingga pukul 12.00 WIB hari ini ada 107 penambahan kasus baru pasien positif, sehingga jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 hingga 24 Maret, tercatat sebanyak 686,” ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Selasa sore.

Berdasarkan tabel data yang dipaparkan Yuri, ada provinsi yang sebelumnya belum ditemukan kasus pasien positif Corona Virus, namun kini pemerintah daerah menemukannya. Kedua provinsi itu, yakni Nusa Tenggara Barat ( NTB) dan Sumatera Selatan yang masing-masing ditemukan satu kasus pasien positif Corona.

Adapun, provinsi dengan penambahan terbanyak pasien positif terjangkit virus corona, yakni DKI Jakarta dengan 70 kasus. Kemudian disusul Provinsi Jawa Timur dan Banten yang masing-masing mencatat 10 kasus baru dan 9 kasus baru pasien positif Corona. CIT

Berikut data sebaran kasus baru Covid-19 di Indonesia:
1. DKI Jakarta: 70 kasus baru
2. Jawa Timur: 10 kasus baru
3. Banten: 9 kasus baru
4. Sumatera Utara: 5 kasus baru
5. Jawa Tengah: 4 kasus baru
6. Jawa Barat: 1 kasus baru
7. DI Yogyakarta: 1 kasus baru
8. Kalimantan Barat: 1 kasus baru
9. Kalimantan Tengah: 1 kasus baru
10. Sulawesi Utara: 1 kasus baru
11. Riau: 1 kasus baru
12. Sumatera Selatan: 1 kasus perdana
13. NTB: 1 kasus perdana
14. Papua: 1 kasus baru
15. Dalam konfirmasi: 5 kasus

Total: 107

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here