Home Palembang Sumsel Hasilkan 114 Inovasi Pelayanan Publik

Sumsel Hasilkan 114 Inovasi Pelayanan Publik

0
Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan Prof Eduar Juliartha (dua kanan), berfoto bersama para narasumber acara Sumsel Innovation Public Service Forum 2019 di Griya Agung, Senin (9/12).

PALEMBANG.PE-Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan Prof Eduar Juliartha membuka acara Sumsel Innovation Public Service Forum 2019 di Griya Agung, Senin (9/12) pagi.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Eduar mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan program gerakan ‘One Agency One Innovation’ (satu unit kerja satu inovasi) yang digagas Kemen PAN RB. Lalu ditindaklanjuti dengan keluarnya instruksi Gubernur Sumsel Nomor 1210 tahun 2018.

“Kemudian berlanjut dengan langkah Pak Tajudin (Kepala Bagian Ketatalaksanaan Biro Ortala Provinsi Sumatera Selatan) dengan membuat forum Klinik Inovasi. Belakangan saya jadikan proyek perubahan di BKN tingkat satu, saya ubah jadi Rumah Inovasi,” ujarnya.

Tujuan dibentuknya forum ini, ia melanjutkan, untuk mengidentifikasi dan mengkolaborasi hal-hal yang sudah dilakukan. Hasilnya ada 114 inovasi.

“Salah satunya digagas oleh kawan-kawan di Dinas Kesehatan. Diluncurkan ketika pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional. Di situ forum dari pengobatan tradisional meluncurkan website bagaimana cara mengobati menggunakan obat-obat tradisional,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, begitu banyaknya inovasi yang dihasilkan lantaran adanya gerakan masif dan pakta integritas yang diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten kota di Sumsel.

Gerakan One Agency One Innovation merupakan gerakan yang mewajibkan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah untuk melahirkan satu inovasi setiap tahun. Gerakan ini bertujuan untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Karo Organisasi Pemprov Sumsel Abdul Hamid mengatakan, 114 inovasi itu, di antaranya Rumah Sakit Mata Sumsel dengan judul inovasi ‘Empek Ikan Belida’, lalu bagian SDA Sekda Kabupaten Muaraenim.

“Di tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kemen PAN RB,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here