Home Advertorial Syamsu Anwar: Tujuan Mulia Koperasi untuk Mensejahterakan Anggotanya

Syamsu Anwar: Tujuan Mulia Koperasi untuk Mensejahterakan Anggotanya

0
Sambutan Kepala Disperindakop Muratara, Syamsu Anwar.

MURATARA, PE- Saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Makmur, Selasa (18/6), Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Syamsu Anwar menyampaikan pesankan agar koperasi bisa mensejahterakan anggotanya.

Dalam kegiatan RAT KUD yang digelar di Kantor KUD Jaya Makmur, Desa Sumber Makmur Kecamatan Nibung, sekaligus dilaksanakan reorganisasi kepengurusan anggota KUD baru masa bakti 2019-2021. Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Kecamatan Nibung, Kepala Desa Sumber Makmur, Perwakilan PT. Lonsum dan seluruh Anggota KUD.

Syamsu Anwar: Tujuan Mulia Koperasi untuk Mensejahterakan Anggotanya 1
Kepala Disperindakop Syamsu Anwar saat melakukan pengecekan lokasi pasar baru Desa Sumber Makmur

Dalam sambutannya, Syamsu Anwar selaku Kepala Disperindakop Kabupaten Muratara mengatakan, roda koperasi harus agar berjalan dengan baik yakni harus mengacu dan berpedoman pada peraturan yang ada yakni Permenkop No. 2 tahun 2017, Permenkop No. 13 Tahun 2018, PP No. 9 Tahun 1995, dan UU RI No.25 Tahun 1992.

Karena berdasarakan peraturan menteri yang baru, menurut dia, apabila koperasi tidak berjalan sesuai aturan yang ada, maka Kepala Disperindakop berhak menutup koperasi tersebut. Apabila koperasi itu berpedoman pada aturan yang ada, mudah-mudahan roda perjalanan koperasi itu akan berjalan dengan baik.

Syamsu Anwar: Tujuan Mulia Koperasi untuk Mensejahterakan Anggotanya 2
Anggota KUD Jaya Makmur yang hadir dalam RAT.

“Saya lihat anggota koperasi ini banyak sekali, dan itu karena koperasi ini memang benar untuk membantu masyarakat menengah ke bawah. Karena sudah jelas bahwa koperasi tujuannya sangat mulia, yakni semata-mata untuk kesejahteraan anggotanya,” ungkapnya.

Diceritakannya, sebenarnya dana bantuan koperasi itu banyak sekali di tingkat pusat. Tetapi, lanjutnya, koperasi yang ada harus memenuhi dahulu syarat administrasi yang benar. Karena aturan di tingkat pusat itu selagi administrasi koperasi tertib, maka dana bantuan akan diberikan.

Syamsu Anwar: Tujuan Mulia Koperasi untuk Mensejahterakan Anggotanya 3
Pengurus KUD Jaya Makmur yang baru tepilih.

Terkait reorganisi kepengutusan baru KUD Jaya Makmur, menurut dia, siapapun yang terpilih menjadi pengurus baru agar selalu tertib dengan laporannya.

Baca Juga  Kisah Dibalik Karhutla, Manusia hingga Hewan Eksodus

Sementara, Ketua KUD Jaya Makmur, Helmi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Tahun 2018, RAT yang sekaligus reorganisi kepengurusan baru KUD Jaya Makmur. Karena masa bakti kepengurusan lama telah habis, dengan masa bakti selama tiga tahun.

Kepada pengurus yang baru nanti, dia berharap agar lebih baik, karena kedepan kegiatan akan lebih padat. Terutama akan ada kegiatan replanting lahan perkebunan, berkerjasama dengan PT. Lonsum sebagai Mitra KUD Jaya Makmur. Jadi nantinya dibutuhkan pengurus yang benar-benar andal, mengerti administrasi dan tugas-tugasnya.

Syamsu Anwar: Tujuan Mulia Koperasi untuk Mensejahterakan Anggotanya 4
Penandatanganan berita acara RAT KUD Jaya Makmur oleh Kepala Disperindakop Muratara, Syamsu Anwar.

“Nantinya juga wancana kedepan karena KUD Jaya Makmur ini banyak membawahi koperasi-koperasi nlainya, kita akan merevisi data-data KUD yang ada. Kiranya kerjasama serta koordinasi yang baik antara anggota dan pengurus baru nantinya sangat dibutuhkan, dengan tetap mengutamakan kepentingan anggota,’’ tutupnya.

Sedangkan Kepala Desa Sumber Makmur, M Suluri berharap kedepan dengan terpilihnya kepengurusan baru KUD Jaya Makmur itu, koperasi itu bisa banyak berbuat hal yang baik untuk membawa kemakmuran bagi anggotanya dan jangan terobsesi dengan pengurus yang lama. SON/ADV

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here