Home Pendidikan Tahun Ini, 70 Persen UN SMP Berbasis Komputer

Tahun Ini, 70 Persen UN SMP Berbasis Komputer

0
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, Musni Wijaya SSos MSi.

SEKAYU, PE- Tingkat penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Musi Banyuasin mencapai 70 persen sekolah, baik Negeri maupun Swasta.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muba Musni Wijaya SSos MSi, melalui Kabid Pembinaan SMP Nazarul Hasan MPd.

Nazarul menjelaskan, bahwa jadwal penyelenggaraan UN 2020 tetap sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) UN Tahun Pelajaran 2019/2020, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0053/P/BSNP/I/2020.

“Nah, untuk di Muba sendiri yang bakal melaksanakan UN ada sekitar 142 sekolah. Untuk yang melaksanakan UNBK ada 93 sekolah, terdiri dari swasta 23 sekolah dan Negeri 70 sekolah. MTs ada 37 sekolah, untuk Swasta 33 sekolah dan Negeri 4 sekolah, ” jelasnya.

Sedangkan yang masih Ujian Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) ada 49 sekolah, swasta 22 sekolah dan Negeri 27 sekolah. Lalu untuk MTs tidak ada.

“Jumlah SMP Negeri maupun Swasta di Muba sendiri ada 155 sekolah, hanya saja 13 sekolah masih baru belum ada siswa-siswi kelas IX. Sehingga dipastikan siswa-siswi yang melaksanakan UN ada 8.886 siswa-siswi dari 130 sekolah yang pakai UNBK, dan 1.988 siswa-siswi dari 49 gunakan UNKP, ” bebernya.

Seharusnya, sudah 100 persen seluruh sekolah bisa melaksanakan UN berbasis komputer. Hanya saja dalam pengajuannya ke Kemdikbud itu ditutup pada November 2019 lalu, padahal untuk anggaran komputer telah dianggarkan melalui APBD Perubahan yang telah dianggarkan. “Makanya kita telat dalam pengajuan,” akunya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 6 Sekayu, Muri SPd MSi mengatakan, UN tahun ini diikuti 121 pelajar, baik putra ada 68 orang dan putri 53 orang. Nantinya, mereka melaksanakan UN menggunakan komputer karena kita (SMPN 6 Sekayu) telah menerangkan UNBK beberapa tahun terakhir.

“Yang jelas sesuai jadwal April mendatang mereka akan UN, kita siapkan 120 unit komputer, ” tandasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here