Home Headline News Temuan Kano Antik di Dasar Sungai Ogan Pemulutan Belum Akan Dipamerkan, Ini...

Temuan Kano Antik di Dasar Sungai Ogan Pemulutan Belum Akan Dipamerkan, Ini Penjelasan Kepala Museum Balaputra Dewa

0
Chandra Amprayadi Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa memegang sebilah kayu yang dijadikan dayung, bersama Kadisdikbud Sumsel Aufa Syahrizal bergotong-royong mengevakuasi perahu tsb.

PALEMBANG, PE – Setelah diterima dari si penemunya, Andi, warga Kelurahan 9/10 Ulu, Kecamatan Jakabaring, badan perahu kayu jenis kano bersama dayung yang ditemukan awal Januari 2020 lalu di kedalaman kurang lebih 26 meter Sungai Ogan, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Senin (10/2).

Sayangnya pihak ke Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balaputra Dewa belum bisa memamerkan penemuan spektakuler tersebut. Kano antik yang diperkirakan berusia ratusan tahun itu rencananya bakal dilakukan observasi oleh Balai Arkeologi Sumsel.

Temuan Kano Antik di Dasar Sungai Ogan Pemulutan Belum Akan Dipamerkan, Ini Penjelasan Kepala Museum Balaputra Dewa 1
Kepala Museum Balaputradewa, H Chandra Amprayadi

Saat menerima langsung serahan perahu dan dayung antik itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Negeri Provinsi Sumsel Balaputra Dewa, H Chandra Amprayadi SH mengaku akan merawat Perahu Kano agar tidak aus termakan usia. Meski begitu, sebelum dipamerkan kepada masyarakat, pihaknya akan menunggu hasil observasi yang dilakukan Balai Arkeologi Sumsel.

“Dari hasil observasi itulah nantinya akan kita jelaskan kepada masyarakat terkait latar belakang perahu kuno. Kita berharap, penemuan ini bisa menambah wawasan pengunjung museum untuk mengenal peradaban masyarakat dulu,” terangnya. RIS

Baca Juga  Guru SMPN 13 Hibahkan Dua Arca ke Museum Balaputra Dewa, Ternyata Ini Motifnya
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here