Home Parlemen & Politik Temui Gubernur Herman Deru, Komisi V DPR RI Dukung Aspirasi Rakyat Sumsel

Temui Gubernur Herman Deru, Komisi V DPR RI Dukung Aspirasi Rakyat Sumsel

0
Suasana pertukaran cendera mata dari Gubernur Sumsel kepada Komisi V DPR RI dan sebaliknya mewarnai Kunker Spesifik Komisi V ke Sumsel, Kamis (21/11).

PALEMBANG, PE – Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengapresiasi, bahkan sangat mendukung apa yang menjadi aspirasi rakyat Sumatera Selatan (Sumsel) sebagaimana yang disuarakan oleh pimpinan daerahnya baik itu melalui Bupati, Wali Kota dan Gubernur. Dukungan dan support ini disampaikan antusias oleh Anggota Komisi V DPR RI asal Sumsel, Ir H Ishak Mekki MM saat pertemuan dengan Gubernur Sumsel, H Herman Deru, para Bupati, dan jajaran Pemprov Sumsel serta mitra kerja Komisi V di aula Bina Praja Pemprov Sumsel, Kamis (21/11).

Pertemuan itu sendiri merupakan lanjutan dari kunjungan kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI ke sejumlah wilayah di Sumsel dalam rangka pengawasan insfrastruktur dan perhubungan. Menurut Ishak, apa yang menjadi aspirasi rakyat Sumsel baik yang disampaikan melalui bupati, walikota, dan gubernur, bahkan ada yang menyampaikannya secara langsung kepada anggota dewan, menjadi perhatian serius para legislator.

“Wujud dari perhatian itu, kami telah menyampaikan secara langsung aspirasi tersebut kepada kementerian terkait saat rapat-rapat kerja dengan komisi kita, Komisi V, dan telah mendapat respon positif,” kata Ishak semangat.

Sebagai contoh, lanjut mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini, keluhan warga mengenai kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya ruas jalan yang rusak, telah diajukan dan telah mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. “Insyaa Allah, dalam waktu dekat segera ditindaklanjuti dengan pelebaran ruas-ruas jalan yang macet itu, seperti pelebaran ruas jalan Palembang – Betung,” jelasnya.

Begitu juga terhadap keluhan warga Ogan Komering Ilir (OKI) yang dilintasi jalan TOL namun tidak memiliki pintu TOL (Exit TOL) sehingga manfaatnya tidak begitu dirasakan warga terutama di daerah Lempuing dan Mesjuji, telah pula mendapat sahutan dari pihak Kementerian PUPR.

Menurut dia, Januari 2020, pembangunan Exit TOL tersebut ditenderkan. Apa yang dikemukakan Ishak Mekki ini didukung penuh oleh seluruh anggota Komisi V yang dipimpin oleh Ketua Tim Kunker, Hj. Nurhayati. “Kami sangat mensupport apa yang menjadi aspirasi masyarakat Sumsel seperti yang disuarakan oleh pak bupati maupun pak gubernur. Apalagi di komisi ini banyak anggotanya berasal dari Dapil Sumsel, seperti ada pak Ishak Mekki, pak Edi Santana dan ibu Hanna Gayatri,” ungkap Nurhayati.

Dari pihak mitra kerja Komisi V, dalam hal ini Kementerian PUPR melalui Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan V, Ir. Syaiful membenarkan apa yang dikemukakan anggota Komisi V, Ishak Mekki dan anggota lainnya. Menurut Syaiful, pihaknya telah menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi masyarakat Sumsel baik yang melalui pemerintah maupun Komisi V, seperti percepatan pembangunan TOL Kapal Betung, pelebaran jalan Palembang – Betung, pembangunan Exit TOL dan lainnya. RIL/ARZ

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here