Home Palembang Tereliminasi oleh Soal Seputar Museum

Tereliminasi oleh Soal Seputar Museum

0
Peserta Sang Juara dari SMAN 13 Palembang tampak bertepuk tangan gembira, saat jawabannya membawa mereka bertahan ke pertanyaan selanjutnya.

PALEMBANG.PE- Perebutan tiket grandfinal event Sang Juara ‘Ayo ke Museum’ tingkat SMA/SMK di Auditorium Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, makin seru dan sengit. Pada edisi kali ini, Rabu (20/11), yang menjadi peserta, SMA Negeri 13 Palembang dan SMA Negeri 1 Talang Kelapa, Banyuasin.

Sang Juara ‘Ayo ke Museum’ tingkat SMA/SMK merupakan hasil kerja sama Harian Palembang Ekspres, Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, dan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AKSI) Provinsi Sumatera Selatan.

Babak grandfinal akan berlangsung pada 28 November mendatang, yang mempertemukan lima finalis dari masing-masing sekolah. Lokasinya di halaman depan Museum Balaputra Dewa. Even ini memperebutkan hadiah total Rp15 juta dari Bank Sumsel Babel dan bingkisan dari sponsor. Sementara peserta yang tersisih, masih berpeluang meraih juara lewat kategori suporter terfavorit.

Seperti biasa, dua rombongan peserta sebelum berlomba terlebih dahulu diajak berkeliling Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa.

Inilah tujuan dari digelarnya Sang Juara, yakni mengajak siswa, generasi milenial, lebih mengenal museum berikut koleksi benda-benda bersejarah di dalamnya. Sebab museum itu bukan hanya lembaga penyimpan barang bersejarah, tapi merupakan lembaga pembelajaran, sama seperti sekolah dan perpustakaan.

Peserta diharuskan menyimak dan mencatat penjelasan dari pemandu museum. Karena soal yang diberikan terkait dengan apa yang mereka lihat selama tur museum.

Seratus siswa SMA Negeri 13 Palembang mendapat giliran pertama bertanding. Tetapi, ada pesan sponsor yang mesti disimak. Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, Erwin Azhari Wijaya dari Kampus MDP Palembang, mendapat kesempatan untuk melakukan sosialisasi Kampus MDP Palembang kepada peserta.

Setelah itu barulah Sang Juara dimulai. ”Benar atau salah, kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah Demak?” Devi, sang pembawa acara membacakan soal pertama.

Kerap kali di soal pertama, banyak siswa tersisih. Sementara di penyelenggaraan kali ini, 12 peserta dari SMAN 13 Palembang yang tereliminasi. Mereka menjawab salah. Padahal Kerajaan Demak memang kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa.

Dan lagi-lagi soal yang berhubungan dengan Museum Balaputra Dewa menjadi momok bagi siswa. Padahal mereka sudah diajak berkeliling museum, dan telah pula mendapatkan penjelasan dari pemandu terkait benda-benda bersejarah koleksi museum. “Benar atau salah, arca Macara ditemukan di Desa Gandus?” Devi memberikan soal.

Sebanyak 25 orang menjawab benar untuk pertanyaan tersebut. Selebihnya yang mayoritas meyakini itu salah dengan mengangkat lembar bergambar silang warna merah. Mereka yang menjawab salah ini akhirnya harus meninggalkan arena permainan. Sebab jawabannya benar arca Macara ditemukan di Desa Gandus.

Lusia Titania akhirnya berhasil mengantungi tiket final mewakili sekolahnya setelah keluar sebagai juara pertama. “Senang sekali bisa juara. Sebenarnya tak ada persiapan sama sekali. Belajar sih, tapi sedikit. Untuk menghadapi grandfinal, saya akan memperbanyak belajar Sejarah,” kata siswa kelas XII MIPA 1.

Nurmala, guru Kimia SMA Negeri 13 Palembang, mengaku gembira siswanya bisa menembus final. “Yang kami bawa ini memang juara kelas, 1, 2, dan 3, untuk kelas sepuluh, sebelas, dan duabelas,” ucapnya.

Ia menilai even Sang Juara sangat baik untuk mengasah kemampuan siswa, terutama dalam hal pelajaran Sejarah dan ilmu pengetahuan umum.

Peserta berikutnya berasal dari luar kota, tepatnya Kabupaten Banyuasin, yakni SMA Negeri 1 Talang Kelapa Banyuasin. Mereka juga memberikan perjuangan gigih untuk memperoleh tiket final.

Desti Rizki Pratiwi akhirnya sukses meraih tiket grandfinal dengan menjadi juara pertama. Ia bersama empat finalis lainnya akan mewakili sekolahnya di partai pamungkas nanti. CIT

Berikut pemenang Sang Juara edisi Rabu (20/11):
SMA Negeri 13 Palembang
1. Lusia Titania kelas XII MIPA 1
2. Fina Nadiansyah kelas XI MIPA 2
3. Dilla Wulan Slasi kelas XI MIPA 1
4. Adelia Paramadinanti kelas XI MIPA 2
5. Nindy Indriyani kelas XI MIPA 2

SMA Negeri 1 Talang Kelapa Banyuasin
1. Desti Rizki Pratiwi kelas XI IPA 1
2. Rany Rahma Wahyuningsih kelas XI IPA 2
3. Yoga Wijaya kelas XIPA 4
4. Banyu Biru kelas XI IPS 2
5. Novita Indah Sari kelas XI IPS 2

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here