Home Headline News Terima Laporan DPW PKS Sumsel tentang Dugaan Pelanggaran Pemilu di Empat Lawang,...

Terima Laporan DPW PKS Sumsel tentang Dugaan Pelanggaran Pemilu di Empat Lawang, Ini Respon Bawaslu Sumsel

0

PALEMBANG, PE – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Iin Irwanto mengatakan terkait laporan dari DPW PKS Sumsel terhadap dugaan adanya pelanggaran pemilu yang dilakukan penyelenggara pemilu di Empat Lawang, pihaknya akan meneliti data dan bukti yang disampaikan oleh pelapor.

“Apakah di sana ada kesalahan prosedur, kesalahan mekanisme dan tata kerja serta kecurangan suara, maka kita harus mengumpulkan keterangan dan juga bukti-bukti dari pelapor. Nanti baru akan kami periksa kalau memang membuktikan adanya pelanggaran itu kita daftarkan sebagai perkara kalau memang memenuhi unsur TSM akan kita sidangkan dalam prosedur pelanggaran TSM,” ungkap Iin Irwanto.

Dikatakannya, proses pengumpulan dan penyelidikan tersebut memakan waktu paling lama tiga hari untuk menentukan apakan perkara ini masuk dalam pelanggaran administrasi TSM atau administrasi biasa maupun pelanggaran pidana dan kode etik.

“Ketika ini memenuhi unsur materil dan formil dalam konteks dugaan pelanggaran pemilu maka kita akan melakukan pemeriksaan lanjutan, jika terbukti maka kita akan sesuaikan jika ini kesalah dalam prosedur, kami akan meminta KPU memperbaiki prodesur tersebut. Dan jika memang terbukti adanya pelanggaran yang dilakukan KPU Empat Lawang kita juga bisa mengambil langkah-langkah penindakan yang diatur dalam Undang-undang, namun kita masih perlu mengkaji lagi,” urainya.

Lebih lanjut Iin menyebutkan, Bawaslu Sumsel terbuka dan merespon positif terhadap laporan yang disampaikan oleh DPW PKS Sumsel.

“Secepatnya akan kita proses dalam waktu dua kali 24 jam, kita akan periksa syarat formil dan materilnya, jika belum lengkap kita akan minta lengkapi dalam waktu satu hari, selanjutnya akan kita proses sesuai aturan Bawaslu yang berlaku saat ini,” tandasnya. BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here