Home Headline News Tersangka Baru Dibidik dari pihak BSB

Tersangka Baru Dibidik dari pihak BSB

0
Augustinus Judianto (kemeja merah), saat digiring jaksa menuju mobil tahanan.

17 Oktober Terdakwa Kredit Fiktif BSB Disidang

PALEMBANG, PE- Pasca ditetapkan menjadi tersangka dugaan kasus tindak pidana kredit fiktif Bank Sumsel Babel (BSB) dengan kerugian negara Rp 13 Milyar, berkasnya sudah dinyatakan lengkap sehingga dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kls 1 A Khusus Palembang untuk segera disidangkan.

Juru bicara PN Palembang, Hotnar Simarmata SH mengatakan, pihaknya telah menerima berkas atas nama Agustinus Judianto (AJ) selaku Komisaris PT Gatarmas Internusa (PT GI) terdakwa dugaan tindak pidana kredit fiktif.

“Untuk majelis hakim yang akan memimpin persidangan sudah ditunjuk. Erma Suharti, SH.MH sebagai Ketua Majelis, Adi Prasetyo, SH.MH dan Dr. Saepudin, SH.MH sebagai Anggota. Untuk persidangan perdana nanti akan digelar hari Kamis 17 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB,” terang Hotnar Kepada Palembang Ekspres, Jumat (11/10).

Sebelumnya, berdasarkan audit BPK RI dalam dugaan korupsi pemberian fasilitas kredit modal kerja Bank Sumsel Babel (BSB) menimbukan kerugian negara Rp 13,5 Milyar lebih dari total pagu kredit senilai Rp 15 miliar. PT Gatramas Internusa merupakan perusahaan pertambangan yang berlokasi di Kalimantan.

Adapun modus yang digunakan tersangka dalam perkara ini yaitu dengan menggunakan agunan fiktif atau tidak sesuai dengan jumlah sebenarnya, saat tersangka mengajukan pinjaman ke Bank Sumsel Babel. Dimana, agunan yang diajukan terdakwa terdapat di Jawa Barat bukan diwilayah Sumsel ini. Modusnya salah satunya yaitu mesin yang harganya dinaikkan lebih tinggi (mark up).

Dimana AJ dijerat Pasal Primer tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana KorupsiJo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sedangkan, untuk Pasal Subsider, yaitu Pasal 3 Jo Pasal 8 Undang-Undang Pemberantasa Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Dimana, untuk pengembangan mengungkap tersangka baru dari pihak bank selaku pemberi fasilitas kredit modal kerja ke PT GI, akan dilakukan Kejati Sumsel setelah tersangka ‘AJ’ di sidangkan di Pengadilan.

“Kita tunggu persidangan untuk tentukan tersangka baru,”ujar Kasidik Kejati Sumsel, Hendri SH MH. Dalam persidangan nanti keterangan para saksi, lanjut dia, akan digali oleh Majelis Hakim dan JPU sehingga akan mengungkap fakta-fakta hukum terkait pihak bank yang memberikan fasilitas kredit modal kerja ke PT GI hingga berakibat kerugian negara senilai Rp. 13 miliar.

“Dari fakta persidangan tersebutlah akan kami tindak lanjuti dengan pengembangan penyelidikan untuk mengungkap tersangka,” tukasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here