Home Sumsel Tingginya Partisipasi Pemilih, Ratusan Masyarakat Desa JM1 Hadiri Pemilihan BPD

Tingginya Partisipasi Pemilih, Ratusan Masyarakat Desa JM1 Hadiri Pemilihan BPD

0
Proses Pemilihan BPD langsung di Desa Jadi Muya 1, Kecamatan Nibung, Kabupaten Muratara.

MURATARA, PE- Antusias masyarakat Desa Jadi Mulya 1 (JM1), Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dalam pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) periode 2020-2026 yang dilaksanakan melalui mekanisme pemilihan langsung layaknya Pilkades, terbilang tinggi. Hal ini terlihat saat ratusan masyarakat datang langsung ke lokasi pemilihan untuk menyaksikan prosesi pemilihan BPD, Selasa (25/2/2020).

Pemilihan BPD yang dipusatkan di halaman kantor Desa JM1, hanya diikuti sebanyak 11 kandidat calon BPD Keterwakilan Wilayah dan BPD Keterwakilan Perempuan itu, dari 3 wilayah pemilihan. Sedangkan salah satu wilayah telah selesai dilakukan pilihan, karena hanya memiliki calon tunggal untuk 2 kuota anggota BPD terpilih.

Pantauan Palembang Ekspres di lokasi pemilihan, tingginya partisipasi masyarakat dalam memilih calon BPD juga sempat diwarnai keributan kecil karena ada salah satu warga tidak dapat memilih yang disebabkan memiliki Kartu Keluarga yang masih berstatus Kabupaten Musi Rawas.

Sunarno, Ketua Panitia Pengisian BPD Desa JM1 kepada Palembang Ekspres mengatakan, pihaknya menyelenggarakan pemilihan langsung BPD JM1 dari 3 wilayah pemilihan dan anggota BPD dari keterwakilan perempuan, dengan jumlah total kandidat sebanyak 11 orang yang berasal dari Wilayah/Dusun 1, 2 dan Dusun 3.

“Sedangkan untuk pemilihan anggota BPD dari Dusun 4 sendiri calonnya sudah diputuskan sebagai anggota BPD, karena hanya ada 2 orang calon kandidat, sedangkan kuota anggota BPD disana juga untuk 2 orang jadi tidak dilakukan pemilihan langsung. Untuk pemilihan BPD hari ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) total sebanyak 1373 orang, yang berasal dari tiga wilayah pemilihan dan Keterwakilan Perempuan,” terangnya.

Dia berharap nantinya kepada semua calon yang nantinya terpilih dan tidak terpilih dapat menerima dengan lapang dada, dan bagi yang tidak terpilih kiranya agar tidak ‘menguliti’ kandidat yang terpilih. “Kita berharap Desa JM1 kedepan akan lebih baik lagi, serta dapat bersaing dengan desa-desa lainnya,” harapnya.

Sementara Kepala Desa JM1 Gunadi melalui Sekretarisnya Andri mengungkapkan, pemilihan BPD di desanya sejauh ini berjalan dengan aman dan lancar, dan partisipasi masyarakat dalam memilih BPD dari wilayahnya masing-masing sangat tinggi. “Semoga hingga akhir penghitungan suara nanti, semua pihak dapat menerima dengan lapang dada,’’ ungkapnya.

Kepada masyarakat, lanjut dia, diharapkan jangan sampai terjadi pro kontra setelah pemilihan nanti. Siapapun pemenangnya semoga dapat diterima oleh semua pihak, dan dapat menjalankan semua tugasnya dengan baik sesuai aturan yang ada. Bagi yang nantinya tidak terpilih, jangan sampai ada anggapan menyalahkan pemerintah desa, karena semua sudah sesuai kesepakatan bersama.

“Kami berharap nantinya siapapun yang terpilih, juga nantinya dapat bekerjasama dengan kami selaku pemerintah desa. Dalam menjalankan roda pemerintahan Desa JM1 juga dilakukan bersamaan, dengan selalu mendengarkan pendapat dan aspirasi masyarakat,” harapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here