Home Sumsel Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, DPMD-P3A Muratara Gelar Bimtek Aplikasi Siskeudes 2.0

Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, DPMD-P3A Muratara Gelar Bimtek Aplikasi Siskeudes 2.0

0
Operator Desa dan Kecamatan saat mengikuti Bimtek Aplikasi Siskeudes Versi 2.0, beberapa waktu lalu.

MURATARA, PE- Guna meningkatkan tata kelola keuangan desa tahun 2019, sebanyak 82 Aparatur Desa dan 7 Operator Kecamatan se Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengikuti Bimbingan Tekhis (Bimtek) Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0. yang digelar DPMD-P3A Kabupaten Muratara, Minggu (14/7).

Bertempat di UPT Dinas Pendidikan dan Balai Pelatihan Kota Lubuklinggau, Kegiatan Bimtek Aplikasi Siskeudes digelar 9-12 Juli 2019 lalu dan dihadiri langsung sebagai narasumber DPMD-P3A Muratara, BKPSDM, Bandiklat Lubuk Linggau, BPKP dan seluruh Aparatur Desa dan Operator Kecamatan Kabupaten Muratara.

Diungkapkan Kepala BKPSDM Kabupaten Muratara, Ralin Jufri dalam sambutanya, dia menyambut baik kegiatan Bimtek Aplikasi Siskeudes versi 2.0 yang bertujuan untuk mendidik para operator desa dan operator kecamatan, dengan harapan tidak ada lagu keterlambatan dalam pelaporan keuangan desa.

Baik itu pelaporan keuangan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD). Meskipun Kabupaten Muratara masih muda, menurut dia, tetapi dalam pelaporan harus tunjukkan bahwa Muratara bisa menjadi lebih baik dari kabupaten lain. Maka untuk mewujudkan kualitas dan profesionalisme aparatur desa yang baik, hal seperti itu tentu perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan.

“Dengan cara seperti inilah pengetahuan, kepribadian dan tupoksi sebagai perangkat desa bisa lebih dipahami, karena semua peserta haruslah melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akutabel,” ajaknya.

Sementara itu Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara, Hj Gusti Rohman diwakili Mardiansya saat memberikan materi, menyampaikan bahwa aplikasi Siskeudes Versi 2.0 sudah diberlakukan untuk seluruh desa dengan penerapan secara bertahap mulai 2016 kalu, sesuai amanah Permendagri No. 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Lanjutnya, sebagaimana Undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, dimana Siskeudes selaku aplikasi pengelolaan keuangan desa yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka peningkatan kualitas tata kelola keuangan Desa, yang juga sebagai alat bantu, baik perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban secara komputerisasi ditingkat desa.

Baca Juga  Desa Biaro Baru Terima Bantuan Lampu Penerangan Jalan

Menurut Mardi, telah diluncurkannya aplikasi Siskuedes Versi 2.0 yang disesuaikan dengan pengelolaan keuangan desa terbaru dan didukung Permendagri No. 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dari yang sebelumnya versi 2.0.1.

“Jadi melalui Bimtek inilah merupakan kesempatan yang penting bagi seluruh operator desa dan Kecamatan, untuk mendalami dan mempelajari tentang cara mengunakan aplikasi Siskeudes Versi 2.0 secara teknis dan menyeluruh,” ajaknya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here