Home Headline News Tradisi Bekarang Muba Andil Jaga Ekosistem Sungai

Tradisi Bekarang Muba Andil Jaga Ekosistem Sungai

0
Bupati Muba, H Dodi Reza Alex bersama warga menangkap ikan di Danau Siarak, dalam kegiatan bertajuk Bekarang 2019.


Dodi Reza ‘Nangkul’ Bareng Warga Muba

BATANGHARI LEKO- Bupati Muba, H Dodi Reza Alex membikin semarak suasana “Bekarang” di Danau Siarak Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko, Minggu (29/9). Tanpa sungkan dodi bersama seratusan warga setempat dengan senjata alat tangkul atau anco, berendam di Danau Siarak, untuk menangguk rejezi dalam tradisi turun-menurun di daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ini.

Suasana ramai dan riang gembira tampak jelas di lokasi kegiatan Bekarang, yang di nisiasi Bupati Muba Dodi Reza dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba.

Kehebohan dan keceriaan ‘pecah’ ketika Bupati Muba Dodi Reza didampingi istri tercinta Thia Yufada serta buah hati si kembar Aletta dan Atalie, turun ke Danau Siarak untuk ikut Bekarang bersama warga Muba.

“Bekarang ini tradisi sejak nenek moyang kita dahulu. Harus kita jaga, ini juga jadi andil kita menjaga ekosistem di Sungai,” ujar Dodi Reza saat membuka Kegiatan Bekarang dan Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2019 Dalam Rangkaian HUT Muba ke-63 di Danau Siarak Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko.

Dikatakan Dodi, tradisi Bekarang sekaligus kampanye mengajak masyarakat untuk menangkap ikan dengan cara yang benar dan tidak merusak habitat di perairan.

“Meski Bekarang ini cara tradisional, tapi kita sudah berperan menjaga habitat sungai. Intinya menangkap ikan, meski dengan cara tradisional maupun modern yang penting tidak merusak ekosistem,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz mengatakan rangkaian kegiatan Bekarang 2019 ini juga sekaligus mempromosikan pariwisata yang ada di Muba, khususnya Danau Siarak yang berada di Kecamatan Batanghari Leko.

“Kegiatan Bekarang 2019 ini kita libatkan semua warga Muba khususnya di Batanghari Leko. Alhamdulillah antusias warga sangat tinggi,” ujarnya.

Fariz menambahkan, Bekarang 2019 merupakan agenda rutin tahunan yang digelar sekaligus mengajak warga Muba untuk gemar mengkonsumsi ikan. “Dengan gemar makan ikan warga sehat dan terhindar dari ancaman stunting,” terangnya.

Salah satu peserta Bekarang 2019, Romadon, mengungkapkan dirinya merasa sangat senang bisa ikut kegiatan Bekarang 2019. “Apalagi bisa bekarang bersama-sama dengan Pak Bupati Dodi Reza,” pungkasnya.

Pada rangkaian kegiatan Bekarang dan Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2019 tersebut, juga turut dimeriahkan Master Chef Indonesia 2019 Stefani Horison yang pada kesempatan itu memasak olahan Ikan hasil Bekarang warga Muba. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here