Home Headline News Warga Cemas, Karhutla Rawas Ilir Semakin Meluas

Warga Cemas, Karhutla Rawas Ilir Semakin Meluas

0

MURATARA,PE- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini kembali terjadi dan telah membakar sejumlah lahan perkebunan warga diperbatasan Desa Beringin Makmur I dan Kelurahan Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu (12/10).

Kebakaran ini belum diketahui asal mulanya titik api itu. Namun dari keterangan warga pemilik kebun didekat lokasi kebakaran, diketahui api membakar lahan-lahan diseputar kebunnya telah terjadi selama dua hari terakhir dan belum ada upaya pemadaman.

“Kebakaran lahan ini sudah terjadi dari kemarin, dan belum diketahui dari mana asal mulainya. Yang jelas api berasal daru sebelah hulu desa kami”, ungkap Adil (57) warga Kelurahan Bingin Teluk yang sedang berjaga di kebun sawitnya.

Menurut Adil, alasannya untuk terus berjaga di kebun sawit miliknya karena ada api yang sudah membesar. Sehingga ditakutkan karena sekarang banyak angina, api tersebut bisa semakin merambat dan menghanguskan kebun sawitnya yang sekarang sedang dilakukan proses panen.

Upaya pemadaman sendiri yang dia lakukan, hanya mengunakan alat semprot yang biasa digunakanknya untuk meracun rumput. “Kalau bisa ada upaya pemadaman yabg dilakukan oleh pemerintah terkait, karena titik api sendiri semakin meluas sejak kemarin ditambah selama beberapa hari ini belum turun hujan. Jangan sampai menjadi besar, seperti karhutla beberapa waktu lalu di Kecamatan Karang Dapo,” harapnya.

Sementara Reno, pengendara yang melintas melintas mengungkapkan, kemarin kebakaran ini baru sampai di lokasi persawahan. Artinya, api ini terus merambat. “Ya kalau bisa kepada perintah segera melakukan upacara pencegahan. karena kebakaran ini sudah patut diwaspadai karena belum ada upaya pemadaman sama sekali,’’ ungkapnya.

Reno berharap, jangan sampai kebakaran sekarang semakin meluas, karena lokasi sekarang sangat dekat dekat dengan pemungkiman warga. “Ditambahkan banyak angin sekarang ini, sebagai warga merasa khawatir takutnya api membesar dimalam hari saat warga sedang tertidur. Takut bisa menimbulkan korban,” tukasnya. SON

Baca Juga  Minta Kembalikan Lahan, Puluhan Warga Harap Pembangunan Sarana Pendidikan
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here