Home Sumsel Warga Keluhkan Pembangunan Drainase yang Sedang Berjalan

Warga Keluhkan Pembangunan Drainase yang Sedang Berjalan

0
Drainase yang sedang dibangun di Desa Lubuk Kemang, Muratara.

MURATARA, PE- Pembangunan drainase (saluran pembuangan air) di Dusun 4 Desa Lubuk Kemang Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang saat ini sedang dikerjakan dan dibangun pemerintah desa setempat, mendapat keluhan warga. Soalnya, drainase yang sedang dibangun itu layaknya drainase pribadi.

Menurut warga, pembangunan tiga titik drainase yang mengunakan Dana Desa (DD) tahun 2019 itu, berdasarkan papan informasi di papan proyek yang terpasang senilai Rp 290 juta, dengan volume pembangunan 950 M x 0, 55 M x 0, 60 M. Inilah yang dikeluhkan warga, karena drainase yang dibangun terlalu sempit dan tidak seperti pembangunanyang dilakukan oleh pemerintah pada umumnya.

Seperti diungkapakan Samil, warga setempat, pembangunan drainase yang ada di Kampung 4 yang berada di belakang rumah warga itu, seperti drainase pribadi karena ukurannya yang sangat kecil dan tidak seperti bangunan pemerintah biasanya. Ditambah tidak ada musyawarah antara Pemerintah Desa dan masyarakat, saat pembangunan itu.

Juga disampaikan Soleh, warga yang sama yang mengungkapkan, dia paham betul tentang standar pembangunan drainase. Sehingga dia tahu, drainase sebagai pengaliran air yang sekarang dibangun didesanya tidak memenuhi standar, baik dari segi kedalaman, lebar bawah dan lebar atas dranase.

“Contoh biasanya standar drainase mengunakan kedalaman 70 cm, lebar bawah 40 cm lebar atas 60 cm. Kalau pembangunan yang sekarang dikerjakan itu sangat berbeda dari umunnya. Kita khawatir ketika musim hujan, drainase tidak dapat menampung debit dan derasnya aliran air yang mengalir,” ungkapnya.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Lubuk Kemang M Sopli mengatakan, pembangunan drainase didesanya sejauh ini sedang dikerjakan. Menurut dia, dalam membangun pihaknya telah melakukan sesuai dengan papan informasi yang terpasang.

“Tetapi bagi warga yang merasa pembangunan itu kurang baik silahkan sampaikan, atau laporkan, karena dia merasa telah melakukan yang sesuai aturan,” ujarnya singkat. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here