Home Headline News Warga Karang Dapo Khawatir Banjir Susulan Lebih Besar

Warga Karang Dapo Khawatir Banjir Susulan Lebih Besar

0
Kondisi banjir di desa dan Kelurahan Karang Dapo yang saat ini terjadi.

MURATARA, PE- Desa Karang Dapo dan Kelurahan Karang Dapo, Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) untuk kedua kalinya dilanda banjir bandang, setelah banjir yang melanda wilayah itu beberapa hari lalu sempat surut.

Kali ini ketinggian banjir yang diperkirakan mulai naik sekitar pukul 03.00 WIB dini hari itu, menurut informasi yang berhasil didapat Palembang Ekspres dari masyarakat mencapai 50-60 cm, akibat dari luapan air Sungai Rawas.

Apri, warga Kelurahan Karang Dapo mengatakan, saat ini ketinggian air telah mencapai sekitar 50-60 cm. Menurut dia, banjir terjadi akibat luapan dari aliran Sungai Rawas yang meningkat karena tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini.

“Biasanya meluapnya air Sungai Rawas itu juga akan terus naik atau cepat surut, dan juga berdampak ke beberapa desa sepanjang aliran Sungai Rawas. Saat ini ketinggian air sendiri di Desa dan Kelurahan Karang Dapo, masih dalam katagori aman dan terkendali,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Anggun (28), warga yang sama. Dia menceritakan, jika beberapa waktu lalu Desa dan Kelurahan itu sempat direndam banjir sekitar satu meter lebih. Namun kali ini banjir yang datang karena luapan air Sungai Rawas, lebih rendah dari sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman yang pernah mereka alami dari tahun ke tahun di wilayah itu, jika banjir itu terus berulang hingga tiga kali dengan debit air yang tidak terlalu tinggi, diyakini ada kemungkinan akan ada banjir besar. Biasanya rata-rata ketinggian air, bisa mencapai satu sampai dua meter.

“Memang benar banjir seperti ini sudah sering dan biasa terjadi di desa kami, serta masyarakat sudah tidak terlalu khawatir lagi. Tetapi yang ditakutkan jika banjir itu datang lebih dari dua atau tiga kali, otomatis aktivitas warga dapat terhenti dan tidak bisa kemana-mana. Karena biasnya banjir yang terakhir akan lebih besar,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah melalui ponselnya, Kepala Desa Karag Dapo, Umar Aziz mengungkapkan, banjir yang datang hari ini adalah yang kedua kalinya, setelah surutnya banjir beberapa hari yang lalu. Namun, belum terlalu tinggi volume dari airnya.

Dia menduga, banjir itu sendiri merupakan banjir kiriman dari hulu yang datang sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. “Untuk saat ini kondisi banjir masih tergolong aman, serta belum ada keluhkan dari warga akibat dampak dari banjir. Masyarakatnya sendiri masih dapat beraktifitas seperti biasanya,” SON.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here